Minggu, 22 Mei 2016

Tumbuhkan Gentong Mas di desa

Dalam rangka menumbuhkan kembali kebersamaan dalam bentuk budaya gotong royong dimasyarakat, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (KBPM) mulai menumbuhkan Gerakan Gotong Royong Masyarakat (Gentong Mas) di desa-desa. Budaya Gentong Mas ini merupakan kekuatan local sejak dulu yang dimiliki masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang. Namun sayangnya lambat laun gotong royong mulai memudar. “Oleh karenanya Gentong Mas harus ditumbuhkan dan dihidupkan serta dilestarikan, sebagai andalan dan kekuatan masyarakat dalam setiap langkah pembangunan desa,” ungkap Kepala Badan KBPM Sumharjono S.Sos MM, pada kegiatan gebrak gotong royong Jum’at (20/5) kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Pageron Kecamatan Kemiri, dan dihadiri Camat Kemiri Sumarjono S.Sos beserta Muspika, Kabid Pengembangan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan Drs.Ujiyanto, Ketua TP PKK kecamatan, Ketua Persit Candra Kirana Ny.Titik Tommy, Kades Pageron Suparman, Kades Wasiat Ngombol Ir.Rofian Bastaman, dan sejumlah Kades sekitar.

Lebih lanjut Sumharjono mengatakan, slogan Gentong Mas untuk selalu mengingatkan masyarakat, dan terbukti dapat menggerakan berbagai elemen masyarakat dari berbagai penjuru Purworejo untuk bersama-sama melakukan gotong royong di Desa Pageron. Termasuk dari perwakilan masyarakat dari berbagai wilayah kecamatan berkumpul di Desa Pageron untuk bersama-sama melakukan kegiatan perdana Gentong Mas.

“Maka gotong royong harus kita tumbuhkan kembali supaya guyub rukun masyarakat terus terjaga. Mengingat budaya gotong royong sebenarnya merupakan tata kelola kehidupan yang bisa meringankan beban semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Kegiatan ini sekaligus mendukung TNI manunggal membangun desa (TMMD) sengkuyung tahap I,” tuturnya.

Sumharjono percaya masyarakat sebenarnya masih bisa digerakkan melalui budaya gotong royong seperti ini, hanya penggeraknya saja yang mungkin selama ini kurang fokus. “Di desa-desa meskipun dalam skala kecil budaya gotong royong masih ada. Dari yang kecil ini kita galang untuk seluruh kabupaten sehingga Gentong Mas ini dapat menyeluruh,” tandas Sumharjono yang didampingi Kabid Drs.Ujiyanto.

Ujiyanto menambahkan, kegiatan gebrak gotong royong yang sekaligus dirangkai dengan kegiatan perdana Gentong Mas ini meliputi kerja bhakti yang dipimpin langsung Kepala BKBPM Sumharjono, kemudian pasar murah, donor darah, layanan kontrasepsi KB, dan penyuluhan dari SKPD terkait. Untuk pasar murah berupa paket sembako dengan harga murah yang diperuntukkan warga kurang mampu sebanyak 350 paket sembako. Satu paketnya diberikan kepada satu KK yang berisi minyak goreng, gula, telur, dan mie instan. “Harapannya paket sembako ini, dapat meringankan warga dalam menjelang bulan ramadhan,” ujarnya

0 komentar:

Posting Komentar